~~ Pengakuan dan penyesalan dosa lebih dikenan Tuhan ~~



No : AA – 76 / INJIL 2011 / P.
Oleh : Amos Anthony Halim.

~> Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah FARISI dan yang lain PEMUNGUT CUKAI. // Luk 18:10.

~> ORANG FARISI itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini; aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku. // Luk 18:11,12.

~> Tetapi PEMUNGUT CUKAI itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini. // Luk 18:13.

~> Aku berkata kepadamu: Orang ini (PEMUNGUT CUKAI) pulang sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu (ORANG FARISI) tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” // Luk 18:14.

Artinya:
ORANG FARISI = ORANG PERCAYA.
PEMUNGUT CUKAI = ORANG BERDOSA.
Jangan suka membenarkan diri sendiri, sebab semua orang telah berdosa (Rom 3:23), dan siapakah diantara kita yang tidak berdosa ??? (1Yoh 1:8); bahkan Rasul Paulus juga berkata bahwa dirinya adalah orang yang paling berdosa (1Tim 1:15).

Yang terutama dari ayat ini adalah:
1 ) Memiliki kerendahan hati sebagai seorang hamba.
2 ) Mau koreksi diri.

** Tuhan Yesus juga pernah menegur para Ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang membawa seorang perempuan yang kedapatan berzinah (Yoh 8:3-5).
~> Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” // Yoh 8:7.

~ Orang yang sombong, walaupun beribadah tidak akan mendapatkan berkat; tetapi orang yang rendah hati, yaitu: Orang yang berani mengakui dosanya, lalu menyesali perbuatannya dan bertobat, akan mendapatkan berkat Tuhan yang luar biasa ~

Haleluya… Haleluya…..

~~~ Tuhan Yesus memberkati kita semua ~~~

0 komentar:

Posting Komentar