~~ Firman Allah tidak untuk diperdebatkan ( 10 ) ~~



No : AA – 62 / INJIL 2011 / 13.
Oleh : Amos Anthony Halim.
~> Lanjutan dari jilid 9.

** Pertemuan para hamba Tuhan itu sangat indah dan sangat bermanfaat, apa lagi jika para pesertanya ada beberapa hamba Tuhan yang mempunyai jabatan sebagai guru, maka kita dapat mempersiapkan waktu untuk bertanya jawab tentang kebenaran firman Tuhan di dalam pertemuan tersebut, tetapi bukan sebagai seorang murid yang bertanya kepada gurunya, melainkan semua peserta harus mempunyai hati sebagai murid yang saling mensharingkan kebenaran firman Tuhan, sebab yang menjadi guru kita adalah ROH KUDUS itu sendiri yang akan mengajar dan memimpin setiap kita ke dalam seluruh kebenaran.
~> tetapi PENGHIBUR, yaitu ROH KUDUS, yang akan diutus Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan MENGAJARKAN segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. // Yoh 14:26.

~> Tetapi apabila Ia datang, yaitu ROH KEBENARAN, Ia akan MEMIMPIN kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan ia akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang akan datang. // Yoh 16:13.

Para hamba Tuhan yang mengikuti pertemuan tersebut hanyalah sebagai speaker Tuhan untuk menyampaikan kebenaran firman Tuhan seperti hikmat yang diperolehnya secara pribadi lepas pribadi (Yoh 15:26,27). Oleh sebab itu kita tidak boleh sombong dan merasa hebat atau merasa paling benar.! Karena itu berarti memegahkan diri dihadapan Tuhan, sebab Tuhan tidak menghendaki orang yang memegahkan dirinya (1Kor 1:29). Kalau kita bertanya jawab dengan kasih dan ketulusan untuk saling membagi-membagikan pengertian firman Tuhan tanpa “DOSA SOMBONG”, maka setiap kita pasti “BISA” mendengar pendapat dari saudara-saudara kita yang lainnya, menurut Ilham yang telah mereka dengar dari Tuhan; dan pada saat itu Roh Kudus juga akan memberikan peneguhan di dalam hati setiap kita tentang pendapat dari saudara-saudara kita yang lain, juga pendapat dari kita sendiri itu benar atau salah, Sebab Roh Kudus sendiri yang akan meneguhkan pendapat dari para peserta yang mengikuti pertemuan tersebut.

** Oleh sebab itu KITA TIDAK PERLU BERDEBAT atau MEMPERDEBATKAN PENGERTIAN KEBENARAN FIRMAN TUHAN, melainkan HANYA BERTANYA JAWAB, yaitu : “MENJELASKAN APA YANG KITA YAKINI MENURUT PENGILHAMAN ROH KUDUS YANG KITA PEROLEH SECARA PRIBADI LEPAS PRIBADI.” Karena Dia, yaitu : ROH KUDUS yang menjadi GURU PRIBADI setiap kita, dan Dia juga yang akan memimpin acara pertemuan tersebut, sehingga setiap kita yang mau taat dengan sungguh-sungguh di dalam pimpinan-Nya akan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, sesuai dengan peneguhan dari Roh Kudus.
~> Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. // 1Yoh 2:20.

Walaupun banyak doktrin di dalam Tubuh Kristus (GEREJA), namun masing-masing harus mempertanggung jawabkan keyakinan atau doktrin Synode Gerejanya di hadapan Tuhan, setiap kita memang sangat membutuhkan forum untuk bertanya jawab, agar dapat saling mensharingkan kebenaran firman Tuhan, tetapi bukan untuk membuat konsensus atau statement atau doktrin secara bersama-sama.

Haleluya… Haleluya…….

~> Dilanjutkan ke jilid 11.

~~~ Tuhan Yesus memberkati kita semua ~~~

0 komentar:

Posting Komentar