TIPE MANUSIA

Bacaan Alkitab : 2 Korintus 4:16-18

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. (2 Korintus 4:17).

Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari tekanan. Ketika tekanan hidup itu datang, maka berbagai macam reaksi timbul dari diri kita. Cara pandang dan sikap kita pada saat menghadapi tekanan hidup sangat menentukan kualitas hidup kita. Dan berdasarkan hal itu, setidaknya ada empat tipe atau kualitas manusia yang dihasilkan dari datangnya sebuah tekanan hidup.

TIPE KAYU RAPUH : Manusia tipe ini biasanya kalau mengalami sedikit tekanan saja akan membuat orang ini patah arang. Orang seperti ini dalam kesehariannya terlihat bagus, tetapi sebenarnya hatinya rapuh. Sehingga orang ini akan gampang sekali mengeluh pada saat tekanan terjadi.

TIPE LEMPENG BESI : Orang tipe ini biasanya bisa bertahan dalam tekanan pada awalnya. Namun seperti layaknya besi, ketika tekanan itu semakin besar dan kompleks, ia mulai bengkok dan tidak stabil. Tipe ini menunjukkan seorang yang belum terlatih, tambahan sedikit tekanan saja ia mudah putus asa.

TIPE KAPAS : Tipe manusia ini cukup lentur saat mengalami tekanan. Ia mampu menyesuaikan diri saat terjadi tekanan. Setelah berlalu, dengan cepat ia bisa kembali pada keadaan semula. Ia cepat untuk melupakan masa lalu dan memulai lagi ke titik awal untuk memulai.

TIPE BOLA PINGPONG : Tipe seperti inilah yang seharusnya menjadi karakter umat Tuhan. Semakin besar tekanan datang, semakin tinggi ia akan memantul ke atas. Hadirnya tekanan justru dijadikannya sebagai pendorong yang kuat untuk mencapai hidup yang maksimal dan lebih baik.


CARA PANDANG DAN SIKAP KITA MENGHADAPI TEKANAN HIDUP, MENUNJUKKAN KUALITAS HIDUP KITA

http://www.yesmaya.co.cc/2012/05/tipe-manusia.html

0 komentar:

Posting Komentar