KEKUDUSAN PERNIKAHAN


Bacaan Alkitab : Maleakhi 2 : 10 - 16

Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan ini? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya. (Maleakhi 2 : 15).

Ibadah pemberkatan pernikahan kudus merupakan salah satu acara terfavorit yang sebisa mungkin tidak akan saya lewatkan. Terutama bila yang sedang diberkati adalah teman, kenalan, sahabat, atau saudara saya.

Ada dua hal yang sangat menarik bagi saya dalam acara tersebut : atmosfer ketika ibadah berlangsung serta Firman Tuhan yang disampaikan. Atmosfer akan sangat ditentukan oleh bagaimana kedua mempelai menjalani masa-masa sebelum pernikahan, sementara pemberitaan Firman Tuhan selain melandasi sepasang mempelai yang akan diberkati, juga dapat menjadi bekal berharga bagi kaum muda yang nantinya akan menikah.

Dalam perikop ini, Allah memperingatkan orang Israel mengenai perilaku kawin campur dan perceraian. Keseriusan Allah sangat terlihat ketika Dia berkata bahwa orang-orang yang mengabaikan perintah ini akan dilenyapkan dari hadapan-Nya dan kurban persembahannya tidak akan diterima. Hukum ini masih berlaku sampai saat ini dan tidak boleh dilanggar dengan alasan apapun. Sebuah pernikahan memiliki arti yang sangat penting di hadapan Allah. Dia ingin agar keluarga Kristiani menjadi contoh yang paling tepat dimana orang-orang yang belum mengenal Tuhan boleh belajar.

Namun sayangnya, hari-hari ini kita terpaksa menyaksikan bahwa anak-anak Tuhan pun, yang mengerti kebenaran serta konsekuensinya, mengabaikan hal ini. Menikah dengan orang yang belum percaya, melakukan tindakan kekerasan dalam rumah tangga, bahkan bercerai karena merasa sudah tidak ada kecocokan dengan mudahnya dilakukan. Parahnya lagi, oknum yang melakukan hal demikian merasa bahwa Allah tidak bereaksi apa-apa dengan perilaku ngawur yang mereka lakukan. Sangat menyedihkan, bukan?

Saat ini, biarlah Firman Allah kembali mengingatkan kita akan kesakralan pernikahan. Bagi kita yang sudah menikah, tidak ada salahnya untuk sejenak kita melakukan evaluasi kehidupan rumah tangga kita sampai saat ini. Dan bagi kita yang belum menikah, persiapkan diri dengan baik, dan jangan pernah main-main dengan pernikahan kita nanti. Mari ambil komitmen baru hari ini juga!

KEHIDUPAN PERNIKAHAN ADALAH SALAH SATU CARA TUHAN UNTUK MENYATAKAN KEMULIAAN-NYA DI BUMI.

=============================
http://www.yesmaya.co.cc/2010/05/kekudusan-pernikahan.html

0 komentar:

Posting Komentar