Renungan : PERCAYA SAJA



Bacaan Alkitab : Matius 9:27-31)

Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya
dan Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?"
Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya." (Matius 9:28).

Suatu hari, di tengah khotbahnya, seorang hamba Tuhan menyuruh jemaat untuk meminta sesuatu dari Tuhan karena Dia sedang membuka pintu kemurahan-Nya. Ada seorang yang menanggapi hal ini dengan cepat dan penuh keyakinan. Kebetulan, ia sedang mendoakan agar adik-adiknya yang sudah menikah dapat mempunyai rumah, namun ia tidak tahu bagaimana caranya. Ajaib, tidak butuh waktu lama ia menyaksikan penggenapan janji Tuhan melalui hamba Tuhan tersebut. Semua adiknya mendapatkan rumah sesuai dengan apa yang didoakannya.

Apa yang terjadi pada dua orang buta dalam cerita di Alkitab hampir sama. Yesus sedang membuka kesempatan untuk mereka mengalami mujizat. Mereka mengabaikan kenyataan bahwa sebelumnya Yesus mengabaikan kehadiran mereka walaupun mereka telah berseru-seru untuk memohon belas kasihan dari Yesus. Akhirnya, kesempatan itu pun tiba ketika Yesus bertanya apakah mereka percaya bahwa Yesus dapat melakukan mujizat atau tidak. Mengetahui ada kesempatan emas untuk mereka mengalami mujizat, kedua orang buta itupun berkata : "Ya, kami percaya." Akhirnya mata mereka berdua pun menjadi celik.

Seandainya mereka menjawab Yesus, "Wah, kok pakai nanya lagi. Ini dari tadi sudah capek teriak-teriak minta disembuhkan..." mungkin mujizat tersebut tidak akan mereka alami. Benar bahwa Tuhan memberikan kepada manusia kemampuan untuk berpikir. Hikmat juga disediakan oleh-Nya. Namun, ada kalanya Tuhan ingin agar kita hanya percaya kepada-Nya tanpa mencoba menganalisa bagaimana caranya. Kedua orang buta tersebut percaya dan mengalami mujizat. Demikian pula akan ada banyak hal ajaib dapat terjadi dalam kehidupan kita tatkala kita percaya pada apa yang Allah firmankan.

Sampai saat ini, seberapa sering kita meragukan kuasa Tuhan untuk melakukan hal ajaib dalam hidup kita? Hari ini, apapun pergumulan dan masalah yang sedang kita alami, marilah kita belajar untuk percaya akan kuasa-Nya. Jangan mempertanyakan atau menganalisa bagaimana caranya. Percaya saja dan alami keajaiban dari Tuhan.

Percaya saja dan alami keajaiban Allah dalam hidup Anda.

0 komentar:

Posting Komentar