Membalas Dengan Kebaikan

Membalas Dengan Kebaikan
Bacaan Alkitab : Roma 12:9-21

“Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan;
lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!” (Roma 12:17)

Apakah yang akan Saudara lakukan apabila ada orang yang berbuat jahat, melukai Saudara, atau keluarga Saudara? Ketika seseorang mendapat perlakuan yang jahat dari sesamanya, pada umumnya bisa muncul dua sikap, yakni : pasif, menerima dan membiarkan begitu saja diperlakukan semacam itu, atau sebaliknya, bereaksi keras dengan membalas kejahatan itu dengan kejahatan pula.

Dalam pandangan Paulus, bersikap pasif saja ketika menerima perlakuan jahat dari orang lain merupakan tindakan yang tidak tepat, sebab sikap ini tidak akan menyadarkan si pelaku bahwa perbuatannya itu adalah suatu kejahatan. Sikap pasif ini juga tidak akan memulihkan harga diri si korban sendiri yang telah direndahkan dan dirusak. Tetapi juga sebaliknya, bereaksi keras dengan membalas kejahatan dengan kejahatan hanya akan memperbesar konflik dan semakin menjauhkan kedua pihak dari perdamaian. Rasul Paulus menyerukan pentingnya upaya melakukan apa yang baik bagi semua orang, baik bagi si pelaku kejahatan, terlebih lagi bagi si korban itu sendiri.

“Melakukan apa yang baik bagi semua orang”, mengandung arti bahwa hendaknya kita jangan menjadi pasif, yang membiarkan diri kita hanya menjadi “keset” yang bisa diinjak-injak; tetapi juga bahwa kita hendaknya tidak melakukan cara-cara yang dapat merendahkan martabat kita sendiri, yakni membalas dengan kejahatan yang sama. Ketika seorang pencuri sepeda motor tertangkap dan mati dikeroyok massa, yang rendah martabatnya bukan hanya si pencuri itu, tetapi juga orang-orang yang mengeroyoknya!

TUHAN MEMBERKATI

Seribu kebaikan akan dilupakan hanya karena satu kesalahan yang belum tentu salah.
Tapi satu kejahatan tidak akan dilupakan walaupun dengan seribu kebaikan.

0 komentar:

Posting Komentar