BEDA

  • BEDA
    Bacaan Alkitab : Kisah Para Rasul 10:1-48

    Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya :
    “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang…” (Kisah 10:34).

    Perjuangan untuk mencari model hubungan antar agama di Indonesia terus berlangsung. Ulil Abshar-Abdala, salah seorang tokoh perintis dialog antar agama di Indonesia, memimpikan suatu wadah yang dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah besar yang didiami bersama oleh berbagai tradisi keagamaan yang berbeda-beda. Di rumah itu, masing-masing tradisi akan mempunyai kamar sendiri, tetapi dapat bertemu di ruang mana saja: di teras, di ruang tamu, bahkan di dapur sekalipun. Mereka bisa bercanda atau bersitegang. Malah tidak menutup kemungkinan, kalau kehidupan bersama sudah akrab, para penghuninya bisa saling melihat, mengintip, bahkan nyelonong masuk ke kamar orang lain.

    Melalui pertemuannya dengan Kornelius, Rasul Petrus belajar memahami bahwa Allah juga mengasihi orang-orang bukan Yahudi. Sebenarnya tidak mudah bagi Petrus untuk berpandangan bahwa Allah juga mengasihi orang-orang bukan Yahudi. Sebagai orang Yahudi, tentulah sejak kecil sudah ditanamkan kepadanya sistem ketahiran. Sistem ketahiran ini mengatur masalah suci dan najis, haram dan halal, yang tidak hanya menyangkut masalah tempat, makanan, tetapi juga dalam hubungan dengan orang-orang. Pada umumnya orang bukan Yahudi dianggap najis. Tetapi pada akhirnya Petrus mengerti bahwa Allah ternyata tidak mebeda-bedakan orang.

    Keterbukaan Paulus kemudian membuka jalur dialog, bukan saja antar dirinya dengan Kornelius, tetapi juga lebih jauh lagi, pada karya Allah bagi banyak orang dari berbagai bangsa dan agama. Dan ini mestinya kita lanjutkan dan perjuangkan terus menerus agar juga terwujud dalam masyarakat kita di Indonesia. Jadilah pelopor-pelopor yang membangun rumah besar itu.

    TUHAN MEMBERKATI

    Jangan menjadikan perbedaan untuk mencari pembenaran akan diri sendiri, tapi jadikanlah perbedaan itu menjadi wadah untuk saling mengenal dan membina hubungan yang lebih harmonis.

0 komentar:

Posting Komentar