"KEKUASAAN MANUSIA"



Bacaan Alkitab : Mazmur 37:34-40

Aku melihat seorang fasik yang gagah sombong, yang tumbuh mekar seperti pohon aras Libanon; ketika aku lewat, lenyaplah ia, aku mencarinya, tetapi tidak ditemui. (Mazmur 37:35, 36).

Sejak manusia diciptakan, manusia seringkali tergoda ingin menjadi penguasa dan berkuasa. Manusia selalu ingin punya kekuasaan dan menjadi orang yang berpengaruh. Majalah TIME setiap tahunnya menetapkan 100 nama orang yang paling berpengaruh di dunia. Namun jika kita perhatikan, nama-nama itu selalu berubah setiap tahunnya. Mereka yang tahun lalu dipandang paling berpengaruh, bisa jadi tahun ini tidak lagi masuk hitungan.

Kejayaan manusia bisa sirna hanya dalam hitungan bulan. Banyak orang yang sangat berpengaruh namun beberapa bulan kemudian tidak lagi berpengaruh karena berbagai masalah atau karena meninggal dunia.

Pemazmur sadar benar akan keringkihan manusia. Seseorang bisa saja sangat kuat kuasanya, ia bisa seperti pohon aras Libanon (Mazmur 37:35). Pohon aras Libanon terkenal dengan kayunya yang kokoh, kuat, tak tergoyahkan. Orang yang sedang berkuasa bisa memakai kuasanya untuk menindas kaum lemah, atau pamer kuasa kepada orang lain.

Ketika kuasa itu dimiliki seseorang, tanpa disadarinya ia sudah mengandalkan kekuatannya sendiri dan mengabaikan kekuasaan Tuhan. Namun orang seperti ini bisa dengan mudah dilenyapkan oleh Tuhan. Kuasa manusia berada dibawah Kuasa Tuhan. Sebaliknya, orang yang tulus hati dan jujur akan diteguhkan oleh Kuasa Tuhan. Mungkin di mata manusia, mereka tidak punya kuasa istimewa alias orang-orang biasa saja. Tetapi naungan Kuasa Tuhan membuat mereka bisa luput dari pengaruh kuasa orang fasik (Mazmur 37:40).

Kita hidup di tengah masyarakat yang "gila kuasa". Dari panggung politik sampai ruang rapat gereja, orang berebut mencari kuasa. Kadang dengan cara yang licik. Daripada menjadi penguasa yang dibenci oleh manusia dan Tuhan, lebih baik dan lebih penting menjadi orang yang dikuasai dan dipengaruhi oleh Allah.

ORANG YANG DIKUASAI OLEH ALLAH TIDAK AKAN TAKUT OLEH KUASA APAPUN DAN SIAPAPUN.

0 komentar:

Posting Komentar