DOA YANG BENAR


Bacaan Alkitab : Markus 11:24

Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan,
percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. (Markus 11:24).

Jumlah manusia di dunia saat ini ada sekitar 7 milyar. Kita bisa bayangkan betapa banyaknya jumlah manusia yang menghuni bumi saat ini. Dengan jumlah manusia sebanyak itu, mungkin ada diantara kita yang bertanya : “Apakah Tuhan bisa mendengarkan doa semua orang di dunia ini?”. Berbagai macam masalah yang dihadapi oleh manusia. Ada yang berdoa dalam hati, berdoa di rumah ibadah, berdoa bersama dalam keluarga, dan lain sebagainya.

Setiap manusia mempunyai masalah yang berbeda-beda. Ada yang minta pekerjaan, minta rumah, minta gar usaha dan pekerjaan diberkati, minta agar naik jabatan, minta agar Tuhan campur tangan dalam masalah keluarga, minta jodoh, minta ini dan itu. Dan setiap manusia mau agar doanya di dengar dan dijawab oleh Tuhan.

Sahabat-sahabat RHK yang disayang Tuhan, semua pertanyaan-pertanyaan seperti ini sebenarnya tidak perlu kita pikirkan. Bagi Tuhan, semua itu bukanlah hal yang sulit. Tuhan tidak punya batas (Omnipresence) dan Tuhan berkuasa atas segalanya (Omniptence). Tuhan dapat hadir dimanapun dan kapanpun, Dia tidak terbatas ruang dan waktu. Tuhan mendengarkan semua doa manusia. Tapi satu hal yang perlu kita ingat adalah bahwa Tuhan hanya mendengarkan doa orang yang benar dan tidak bermaksud jahat.

Kita harus memahami kaitan antara iman dan doa yang disampaikan kepada Tuhan. Bila kita berdoa dengan iman, maka kita tidak perlu dilihat orang berdoa, karena itu adalah hubungan dan iman kita pribadi dengan Tuhan, kecuali berdoa dalam sebuah persekutuan dua atau tiga orang. Ketika kita menghadap Tuhan, kita harus berdamai dulu dengan orang lain. Apa yang kita minta kepada Tuhan melalui doa harus benar-benar sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Tapi banyak diantara kita yang berdoa dan meminta agar Tuhan menjawab dan memberikan apa yang kita inginkan. Hal ini sama saja kita yang mengatur Tuhan, padahal seharusnya Tuhan lah yang mengatur kita. Tuhan Yesus sudah mengajarkan kepada kita seperti doa-Nya : “....... tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi”. (Lukas 22:42).

Jika kita sudah memahami doa yang benar, percayalah bahwa Tuhan akan menjawab doa-doa kita. Kita harus dapat menerima apapun jawaban dari Tuhan. Karena Tuhan tidak pernah memberikan “sesuatu” jika kita tidak mampu untuk mempertanggungjawabkan pemberian Tuhan. Tuhan lebih mengetahui kemampuan yang kita miliki. Jika jawaban doa kita tidak sesuai dengan yang kita inginkan, mengucap syukurlah, karena Tuhan sedang membentuk hidup kita agar semakin dewasa, semakin kuat, dan semakin mengerti kehendak-Nya dalam hidup kita. (Samuel Sadusi).


MINTALAH APA YANG MENJADI KEBUTUHANMU, BUKAN APA YANG ENGKAU KEHENDAKI

http://www.yesmaya.co.cc/2012/05/doa-yang-benar.html

0 komentar:

Posting Komentar