TUBUH INI ADALAH BAIT ALLAH



Iwan dan Vina adalah sepasang muda-mudi yang sudah berpacaran selama hampir lima tahun.

Orang tua dan keluarga sangat mendukung hubungan mereka, apalagi tiga bulan yang lalu mereka sudah bertunangan.

Karena mereka banyak mempunyai teman, maka banyak juga pengaruh-pengaruh yang datang, entah itu baik maupun buruk.

Beberapa teman yang bukan orang percaya menganjurkan agar mereka jangan terlalu mengekang diri dengan bersikap “sok suci”.

“Kalian kan sebentar lagi menikah dan pasti menjadi suami isteri. Tidur sekali-kali di kamar tunanganmu kan tidak apa-apa,” begitulah salah satu saran buruk dari sekian banyak teman mereka.

Namun Iwan, pemuda yang tegas dan setia kepada Tuhan ini menjawab, “Kehancuran menanti kami kalau kami melanggar hukum Tuhan dan membuat hubungan kami tidak lagi kudus.”

Godaan demi godaan mengganggu mereka, namun ketetapan hati untuk hidup dan menjaga tubuh mereka sebagai bait Roh Kudus telah menghantarkan pasangan muda-mudi ini ke dalam ikatan perkawinan kudus, rumah tangga yang diberkati Tuhan.


Saudaraku terkasih,
Pergaulan bebas tanpa ada aturan-aturan dan batas-batas yang sehat, telah banyak melanda generasi muda kita sekarang ini, sehingga banyak pemuda-pemudi Kristen yang ikut hanyut didalamnya.

Tidak ada lagi rasa takut dan hormat kepada Tuhan, tidak ada lagi keinginan menjaga tubuh mereka sebagai bait Allah dimana Roh Allah berdiam.

Alkitab dalam Perjanjian Lama sangat menjunjung tinggi nilai kesucian seorang gadis, sehingga hilangnya keperawanan akibat perzinahan akan dihukum dengan cara melempari gadis yang bersangkutan dengan batu sampai mati.

(Ulangan 22:20-21) Tetapi jika tuduhan itu benar dan tidak didapati tanda-tanda keperawanan pada si gadis, maka haruslah si gadis dibawa ke luar ke depan pintu rumah ayahnya, dan orang-orang sekotanya haruslah melempari dia dengan batu, sehingga mati--sebab dia telah menodai orang Israel dengan bersundal di rumah ayahnya. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.

But if it is true that the evidences of virginity were not found in the young woman, Then they shall bring her to the door of her father's house and the men of her city shall stone her to death, because she has wrought folly in Israel by playing the harlot in her father's house. So you shall put away the evil from among you.


Hukuman ini dilakukan karena Alkitab menilai perkara perzinahan sebagai suatu perkara pembunuhan.
(Ulangan 22:25,26) Tetapi jikalau di padang laki-laki itu bertemu dengan gadis yang telah bertunangan itu, memaksa gadis itu tidur dengan dia, maka hanyalah laki-laki yang tidur dengan gadis itu yang harus mati, tetapi gadis itu janganlah kauapa-apakan. Gadis itu tidak ada dosanya yang sepadan dengan hukuman mati, sebab perkara ini sama dengan perkara seseorang yang menyerang sesamanya manusia dan membunuhnya.

But if a man finds the betrothed maiden in the open country and the man seizes her and lies with her, then only the man who lay with her shall die. But you shall do nothing to the young woman; she has committed no sin punishable by death, for this is as when a man attacks and slays his neighbor,


Di dalam Perjanjian Baru dikatakan bahwa orang cabul dan orang yang berzinah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Yang dimaksud Alkitab dengan percabulan termasuk hubungan di luar nikah.

(1 Korintus 6:9,10) Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Do you not know that the unrighteous and the wrongdoers will not inherit or have any share in the kingdom of God? Do not be deceived: neither the impure and immoral, nor idolaters, nor adulterers, nor those who participate in homosexuality, Nor cheats, nor greedy graspers, nor drunkards, nor foulmouthed revilers and slanderers, nor extortioners and robbers will inherit or have any share in the kingdom of God.


Ini merupakan peringatan bagi semua orang Kristen, baik orang tua maupun orang muda yang tidak melakukan perintah Tuhan di atas keinginan dan kehendaknya.

Pandanglah dan hormatilah tubuh kita sebagaimana Tuhan menghormatinya, itu bukan milik kita sendiri tetapi Kristus yang hidup di dalamnya.

(1 Korintus 6:18-20) Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Shun immorality and all sexual looseness. Any other sin which a man commits is one outside the body, but he who commits sexual immorality sins against his own body. Do you not know that your body is the temple of the Holy Spirit Who lives within you, Whom you have received from God? You are not your own, You were bought with a price [purchased with a preciousness and paid for, made His own]. So then, honor God and bring glory to Him in your body.


Berjalanlah selalu di dalam kekudusan dan janganlah mencemarkan hubungan pacaran, hubungan pertunangan, maupun hubungan pernikahan dengan percabulan atau perzinahan.

Sebagai suami, setialah kepada isteri, dan para isteri, setialah kepada suami, karena itu adalah pemberian Tuhan bagi kita.

Pemuda-pemudi yang yang masih berpacaran, jagalah kekudusan hubungan kalian sampai Tuhan benar-benar mempersatukan kalian di dalam pernikahan kudus.

Sungguh, bukan kebahagiaan dan kenikmatan abadi yang diberikan oleh percabulan dan perzinahan, melainkan adalah ketakutan, rasa bersalah, penilaian yang rendah dari pasangan, dan pada akhirnya yang paling fatal adalah hancurnya hubungan perkawinan.


Doaku:
Allah Bapa Sorgawi, Tuhan Yesus dan Roh Kudus, bimbinglah aku di dalam setiap pergaulanku, agar aku tidak melanggar hukum-hukum-Mu dan tidak mencemarkan diriku. Jadikan aku saksiMU yang hidup, sehingga aku bisa menjadi garam dan terang. Dalam nama Tuhan Yesus aku memohon. Amin.
---------------------------------------

LORD JESUS bless you and me, now and forever. Amen.

0 komentar:

Posting Komentar